System Analyst
tugas dan tanggung jawab umum dari System Analyst adalah:
- Memelihara dan mengatasi data warehouse dan sistem penyimpanan data.
- Melakukan riset tren teknologi.
- Mengidentifikasi kebutuhan organisasi dari sistem TI.
- Merancang dan mengimplementasikan solusi teknologi khusus.
- Meningkatkan fungsionalitas dan kinerja sistem serta jaringan komputer yang ada.
- Menguji sistem baru.
- Membahas kebutuhan klien dan pengguna, mengidentifikasi kerentanan atau area dengan kinerja buruk untuk meningkatkan produktivitas, efisiensi dan akurasi.
- Mempersiapkan dan menganalisa laporan cost and benefit untuk peningkatan kualitas.
- Mengkomunikasikan keputusan strategis dengan karyawan di departemen TI lainnya.
- Melatih pengguna akhir dan menulis instruksi manual untuk penggunaan karyawan atau pelanggan.
- Microsoft Office
- SQL
- System administration
- Bahasa pemrograman dan aplikasi
2. Soft skill yang harus dimiliki System Analyst
- Berpikir kritis
- Komunikasi
- Analisis Bisnis
- Kreatif
- Perencanaan
- Certified Analytics Professional (CAP)
- IIBA Entry Certificate in Business Analysis (ECBA)
- IIBA Certification of Competency in Business Analysis (CCBA)
- IIBA Certified Business Analysis Professional (CBAP)
- IQBBA Certified Foundation Level Business analyst (CFLBA)
1. Pendekatan berorientasi filosofis
Pendekatan orientasi filosofis ini melihat hal pokok yang dapat digunakan untuk mengetahui tingkat profesionalisme sebagai berikut:
a) Pendekatan lambang profesional Lambang profesional yang dimaksud antara lain seperti sertifikat, lisensi, dan akreditasi
b) Pendekatan sikap individu Pendekatan ini melihat bahwa layanan individu pemegang profesi diikuti oleh umum dan bermanfaat bagi pengguna
c) Pendekatan electic Pendekatan electic adalah pendekatan yang menggunakan prosedur, teknik, metode, dan konsep dari berbagai sumber, sistem, dan pemikiran akademis
2. Pendekatan perkembangan bertahap
Orientasi perkembangan menekankan pada enam langkah dalam proses berikut:
3. Pendekatan berorientasi karakteristik
Ada delapan karakteristik pengembangan proses profesional yang saling terkait, yaitu
4. Pendekatan berorientasi non-tradisional
Perspektif pendekatan non-tradisional menyatakan bahwa seseorang dengan bidang ilmu tertentu diharapkan mampu melihat dan merumuskan karakteristik yang unik untuk kebutuhan sebuah profesi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar